Pemkab Jepara Bujuk Masyarakat ke FKTP

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi ketika mengunjungi pasien di RSUD Kartini beberapa waktu lalu. Kali ini Bupati berharap agar pelayanan kesehatan ditingkatkan untuk sukseskan program JKN. (MURIA NEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Saat ini pemerintah tengah menyosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pada era JKN ini, pelayanan kesehatan dilakukan secara berjenjang.

Untuk membujuk masyarakat agar bersedia jenjang pertama yakni Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebelum ke jenjang berikutnya, diperlukan kerja keras.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyatakan, membujuk masyarakat agar bersedia ke FKTP, dibutuhkan perbaikan pelayanan yang lebih optimal.  “Karena meyakinkan masyarakat agar mau ke Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama terlebih dahulu bukan pekerjaan mudah,” ucap Marzuqi.

Menurutnya, Saat ini masih banyak warga yang memilih berobat langsung ke rumah sakit tanpa ke FKTP terlebih dahulu. Padahal prosedur era JKN mengharuskan pelayanan berjenjang, mulai FKTP seperti dokter praktik, puskesmas, dan klinik pertama, sebelum rujukan jika diperlukan.

“Program ini harus kita dukung dan maksimalkan untuk kebaikan kita semuanya,” imbuhnya. (WAHYU KZ/SUWOKO)