Kecamatan Kayen Rintis Batik Bumi Saridin

Bupati Pati Haryanto mencoba melihat Batik Bumi Saridin, Selasa (26/5/2015). Saat ini, pemerintah Kecamatan Kayen tengah merintis Batik Bumi Saridin. (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Pemerintah Kecamatan Kayen saat ini merintis batik lokal khas Kayen yang akan diberi nama “Batik Bumi Saridin”. Hal tersebut diharapkan bisa mengangkat perekonomian warga setempat melalui kearifan lokal yang dimiliki.

”Saridin merupakan tokoh sentral dalam sejarah Pati, khususnya Kecamatan Kayen. Karena itu, kami berencana merintis batik lokal dengan nama Batik Bumi Saridin,” ujar Camat Kayen Jabir, Selasa (26/5/2015).

Terkait dengan motif, kata dia, juga tidak lepas dengan kehidupan Saridin. Misalnya, motif kelapa yang dalam sejarahnya menjadi tempat bertumpu Saridin saat bertapa di atas laut.

Ada juga motif asem yang identik dengan pohon Asem Kemis dan jambu yang memang merupakan potensi buah yang ada di Kayen.

Di tempat terpisah, Bupati Pati Haryanto mendukung upaya pemerintah Kecamatan Kayen yang akan merintis batik bertajuk Syeh Jangkung tersebut.  ”Kalau Pak Camat mau mewajibkan pegawai di sana dengan seragam Batik Bumi Saridin, saya persilakan selama tidak digunakan pada Senin dan Kamis,” kata Haryanto. (LISMANTO/KHOLISTIONO)