Rumah Pengolahan Sampah di Kelurahan Tambakromo Mangkrak

Sejumlah Rumah Pengolahan sampah yang ada di Kelurahan tambakromo tak digunakan dan terbengkalai. (MURIANEWS / PRIYO)

BLORA – Rumah pengolahan sampah bantuan Pemerintah Kabupaten Blora di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu, sampai saat ini masih terbengkalai dan tidak tampak aktifitas.

Bangunan yang berdiri sejak 2011 tersebut, sebenarnya diperuntukkan warga sekitar untuk mengolah sampah. Namun, sampai saat ini tidak ada tanda-tanda pengolahan sampah yang dimaksud. Sehingga, terbengkalainya rumah pengolahan sampah tersebut menjadi salah satu penyebab menumpuknya sampah di Cepu.

”Sebenarnya urusan sampah di Cepu hanya masalah mindset masyarakat terhadap sampah yang belum terbangun rapi. Sebab, pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sejak dulu sudah berupaya memberikan kontribusi namun hingga saat ini masih belum berjalan” jelas Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum Wilayah Cepu, Wirastomo Wisnu, Rabu (20/5/2015)

Menurutnya pihak DPU pada 2011, sudah membangun rumah pengolahan sampah di  kelurahan tambakrpmo Kecamatan Cepu. Namun mereka menyesalkan hingga saat ini bangunan tersebut belum berjalan.

”Sudah sejak 2011 dan hingga kini belum beroperasi. Rumah pengolahan sampah, tidak sama dengan tempat pembuangan akhir. Sebab, dalam rumah pengolahan sampah tidak ada pembakaran. Sampah-sampah dari masyarakat, nantinya bisa diolah menjadi barang komersil yang bisa memberikan pemasukan.” Terangnya. (PRIYO / SUPRIYADI)