Pantes Mangkrak… Ternyata DPU Belum Menyiapkan SDM Pengelola Sampah di Kelurahan

Rumah pengolahan sampah bantuan Pemkab Blora di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu. Saat ini pihak kelurahan mengakui belum maksimalnya rumah sampah karena SDM yang ada belum mumpuni. (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA – Mangkraknya rumah pengolahan sampah bantuan Pemerintah Kabupaten Blora di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu, dibenarkan oleh Lurah Tambakromo Tarkun. Ia berdalih SDM yang dimiliki belum ada. Sementara DPU belum memberikan pelatihan.

”Memang saat ini belum ada aktifitas secara maksimal yang dilakukan oleh warga. Sebab warga masih binggung dalam penggunaanya,” kata lurah tambakromo Tarkun.Rabu(20/5/2015).

Menurutnya bangunan yang berdiri sejak 2011 tersebut, sebenarnya diperuntukkan warga sekitar untuk mengolah sampah. Meski sudah ada mesin dan kendaraan angkut, namun hingga kini mengaku proses pengolahan sampah belum beroperasi.

”SDM kami kurang mumpuni jadi ya ndak bisa mengelolanya,” terangnya. 

Meski berdiri hampir 5 tahun tersebut, Tarkun mengungkapkan bahwa selain pengurus dan petugas yang belum optimal, fasilitas penerangan cahaya juga belum ada. ”Untuk saat ini listrik belum ada dan rencananya baru akan dipasang, untuk memeperudah dalam melakukan aktifitasnya” terangnya. (PRIYO/SUPRIYADI)