Busyet… 3 Rumah Pengolahan Sampah Bernilai Ratusan Juta di Cepu Juga Mangkrak

Salah satu rumah pengolahan sampah yang masih tak dugunakan dan dibiarkan mangkrak.(MURIANEWS / PRIYO)

BLORA – Rumah pengolahan sampah yang ada di 3 kelurahan di Kecamatan Cepu, yaitu Kelurahan Tambakromo, Balun, dan Ngroto Wisnu mangkrak. Bangunan tahun 2011 yang bernilai ratusan juta rupiah itu tak ada aktifitas.

 

”Sebenarnya rumah pengolahan tersebut diperuntukkan oleh warga sekitar untuk mengolah sampah. Namun, sampai saat ini tidak ada tanda-tanda pengolahan sampah,” jelas Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum Wilayah Cepu, Wirastomo Wisnu Rabu (20/5/2015).

Padahal, dari tiga rumah pengolahan sampah di 3 kelurahan tersebut, masing-masing rumah pengolahan menghabiskan dana Rp 200 juta. Bahkan, setiap rumah pengolahan tersebut dilengkapi mesin dan alat-alat pengolahan sampah.

”Kami sudah mengeluarkan dana Rp 600 juta. Namun hingga kini belum ada hasilnya,” ungkapnya.

Wisnu menambahkan,seharusnya pihak kelurahan tersebut mampu memanfaatkan fasilitas yang sudah di berikan DPU. Setidaknya, ada koordinasi pada DPU mengenai penanganan sampah agar rumah pengolahan sampah tersbut tidak mangkrak dan terbengkalai seperti itu.

”Pihak DPU sudah memberikan untuk kelurahan, jadi Itu kan hak mereka, harusnya mereka bisa berkoordinasi dengan warga setempat,” katanya

Dari pantauan murianews.com, Rumah pengolahan sampah yang ada di kelurahan Tambakromo memang benar-benar mangkrak. Hal tersebut terbukti dengan tidak adanya kegiatan di tempat tersebut.

”Rumah pengolahan sampah yang ada tak ada aktifitas sama sekali bahkan sampah yang akan diolah juga tak ada sama sekali,” terangnya. (PRIYO / SUPRIYADI)