Perbup Tentang Pentas Dangdut Sedang Digodog

Pementasan dangdut dalam gebyar 75 artis dangdut dalam rangka HUT Jepara beberapa waktu lalu. Saat ini Pemkab Jepara dalam proses menggodog Perbup tentang Pentas Dangdut. (MURIANEWS / WAHYU KZ)

JEPARA – Pemkab Jepara berencana mengatur pentas dangdut dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup). Saat ini Pemkab Jepara tengah menggodok Perbup tentang Hiburan dan Pertunjukan, khususnya pertunjukan orkes dangdut. 

 

Kebijakan ini diambil, menyusul banyaknya kasus kriminal dan tindakan melanggar hukum lainnya selama pertunjukan orkes dangdut berlangsung.

 Kepala Bagian Hukum Setda Jepara, Nursinwan menjelaskan, Perbup itu disusun sebagai bentuk keprihatikan Pemkab Jepara atas perkelahian, peredaran miras serta berbagai kasus kriminal lain yang terjadi di tengah pertunjukan, maupun yang diakibatkan pertunjukan orkes dangdut tersebut. Bahkan beberapa kasus menyebabkan korban jiwa.

 ”Kebijakan yang tengah digodok dan disempurnakan ini merupakan tindak lanjut dari aturan pelarangan orkes dangdut saat malam hari, beberapa waktu yang lalu. Pertunjukan tidak dilarang, melainkan hanya diatur,” ujar Nursinwan.

 Pengaturan tersebut difokuskan pada waktu pertunjukan, mekanisme perizinan, etika pertunjukan, serta perlengkapan pertunjukan, dan hal-hal yang memang dilarang berdasarkan aturan lainnya. Di samping juga persyaratan bagi penyelenggara pertunjukan. (WAHYU KZ / KHOLISTIONO)