Pentas Dangdut Bakal Diatur dengan Perbup

Aturan pentas dangdut akan diatur dalam Perbup, karena dari penyelenggaraan pentas tersebut banyak kasus kriminal dan tindakan melanggar hukum. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berencana mengatur pentas dangdut dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup). Hal ini disampaikan Kepala Bagian Hukum Setda Jepara, Nursinwan.

Menurutnya, aturan tersebut dibutuhkan untuk menata pertunjukan dangdut yang dinilai rentan terjadi tindak kriminal maupun pelanggaran hukum lainnya.

”Wacana pembuatan peraturan yang mengatur pentas dangdut sebenarnya sudah lama muncul. Tapi kali ini Pemkab lebih serius dalam membuat peraturan dan bentuk Perbup,” ujar Nursinwan kepada murianews.com.

Menurut dia, kebijakan ini diambil menyusul banyaknya kasus kriminal dan tindakan melanggar hukum lainnya selama pertunjukan orkes dangdut berlangsung. Bahkan, tak jarang dari tindak kejahatan saat pementasan dangdut dilakukan sampai menyebabkan korban jiwa.

”Sebelumnya juga ada larangan pementasan dangdut di malam hari. Tapi larangan itu belum begitu formal. Untuk itu, aturan yang lebih formal akan dibuat,” katanya.

Dia menambahkan, banyaknya kasus tindak kejahatan mulai dari sekedar minum miras, perkelahian hingga jatuhnya korban jiwa sudah membuat Pemkab Jepara mantab mengatur pentas dangdut. (WAHYU KZ/TITIS W).