Izin Pentas Dangdut di Jepara Bakal Diperketat

Pementasan dangdut dalam rangka HUT Jepara beberapa waktu lalu. Saat ini Pemkab Jepara dalam proses menggodog Perbup tentang pentas dangdut. Salah satu aturan yang akan dibuat yakni tentang mekanisme perijinan. (MURIANEWS / WAHYU KZ)

JEPARA – Pemkab Jepara saat ini tengah menggodog aturan tentang pentas dangdut dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup). Salah satu yang menjadi sorotan adalah mengenai izin pementasan. Nantinya ijin pementasan akan lebih diperketat.

 Kepala Bagian Hukum Setda Jepara, Nursinwan menjelaskan,terkait mekanisme perizinan, direncanakan tidak hanya memperoleh izin dari pihak keamanan tentang izin keramaian, tapi juga harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Jepara.

 ”Sampai saat ini masih digodog, termasuk didalamnya soal mekanisme perizinan yang akan lebih diperketat,” kata Nursinwan.

 Menurutnya, hal itu akan diatur lebih rinci dalam Perbup. Perizinan memang menjadi hal penting untuk diperhatikan agar nantinya saat pementasan dangdut situasi keamanan dan ketertiban dapat lebih terjaga. Terlebih, selama ini pementasan dangdut masih kerap menjadi penyebab terjadinya tindak kriminal maupun pelanggaran hukum lainnya. (WAHYU KZ / KHOLISTIONO)