Hati-Hati, Pentas Dangdut yang Melanggar Perbup Bakal Disanksi

Pentas dangdut beberapa waktu lalu di Kabupaten Jepara (MURIANEWS / WAHYU KZ)

JEPARA – Niatan Pemkab Jepara untuk mengatur pementasan dangdut sudah bulat. Saat ini draf Peraturan Bupati (Perbup) tentang hal itu sudah digodog. Jika nanti Perbup itu sudah diterbitkan dan masih ada yang melanggar akan diberikan sanksi.

 

 Kepala Bagian Hukum Setda Jepara, Nursinwan menjelaskan, berdasarkan draft yang disusun, sanksi bagi pertunjukan yang melanggar aturan yang ada adalah pembubaran pertunjukan, hingga pemberian sanksi hukum.

 ”Sanksi itu akan diberlakukan. Misalnya, Jika memang terbukti ada miras, maka akan dikenakan sanksi Tipiring,” kata Nursinwan.

 Dia menegaskan, jika peraturan ini dibuat, bertujuan  untuk mengembalikan hiburan sebagaimana tujuan semula, dan bukan sebagai sarana untuk mabuk, maupun tindakan kriminal lainnya. Meski memang fokus pada pertunjukan orkes dangdut, Perbup ini juga mengatur pertunjukan hiburan lainnya.

 ”Beberapa revisi dan penyempurnaan terus kami lakukan. Sebab kami harus berhati-hati. Karena, Perbup ini menyangkut kepentingan publik, terkait dengan peraturan lain dan  juga melibatkan banyak pihak,” imbuhnya. (WAHYU KZ / KHOLISTIONO)