Wow.. Wabup Jepara Minta Sediakan Rp 600 Juta untuk Pungkruk

Gapura selamat datang di Pungkruk. Selama ini pungkruk sudah dikenal sebagai tempat hiburan karaoke, namun Pemkab Jepara sudah memutuskan untuk mengembalikan fungsi asalnya sebagai tempat wisata kuliner. Pemkab akan merobohkan bangunan tempat karaoke di pungkruk yang ada di atas tanah milik Pemda. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Keputusan rapat lintas sektor terkait tindaklanjut penutupan karaoke telah diambil. Pemkab Jepara telah sepakat untuk membongkar bangunan-bangunan tempat karaoke Pungkruk yang berada di atas tanah milik Pemda. Untuk selanjutnya akan dibangun los tempat wisata kuliner.

Bahkan Wakil Bupati Jepara Subroto telah meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk menyediakan dana sebesar Rp 600 juta untuk pembangunan los itu nanti. Dalam hal ini, yang telah diminta untuk menyediakan adalah Dinas Pasar koperasi dan UMKM Jepara.

”Saya minta dana Rp 600 juta dari Dinas Pasar Koperasi dan UMKM dapat diarahkan ke sana,” kata Subroto.

Menurutnya, usaha karaoke yang berada di lahan bukan milik pribadi terlebih yang berada di tanah negara harus dibongkar. Dari sekitar 55 usaha karaoke di Pungkruk, sebagian besar menempati tanah milik Negara. Hanya beberapa yang berada di tanahnya sendiri.

”Tanah negara ini harus dikembalikan sebagaimana fungsinya. Dalam hal ini akan dikembalikan sebagai tempat wisata kuliner,” katanya.

Dia menambahkan, untuk menata kawasan Pungkruk ini, sudah disiapkan grand design-nya yang dibahas oleh beberapa SKPD terkait seperti dinas  Ciptaruk, Pariwisata dan Kebudayaan, DPPKAD, Bappeda, Dinas Pasar Koperasi dan UMKM. (WAHYU KZ/SUPRIYADI)