Pemkab Jepara Berupaya Tekan Angka Kekerasan Anak

Ilustrasi

JEPARA – Selama ini angka kekerasan anak di Kabupaten Jepara masih tinggi. Melihat fenomena tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berupaya menekan tingginya angka kekerasan anak tersebut. Hal itu disampaikan kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BP2KB) Jepara, Inah Nuroniah.

Menurutnya, Pemkab Jepara sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan kasus tersebut. Mulai dari pencanangan Jepara Kabupaten Layak Anak pada 2013 lalu, hingga pembuatan berbagai peraturan daerah (Perda).

“Seperti Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak . Perda tentang Pengarustamaan Gender dan Perda tentang Kesehatan Ibu dan Anak,” kata Inah kepada murianews.com.

Dia mengemukakan, kedepan pihaknya akan berupaya agar 31 indikator terkait pemenuhan hak-hak anak baik urusan pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya bisa terpenuhi. Selain itu juga perlu pengawasan lebih pada anak-anak di Jepara mendapatkan perhatian khusus.

”Kami terus menghimbau kepada orang tua agar terus meningkatkan pengawasanya terhadap anak-anak, karena banyak kasus terjadi pada anak-anak saat ini, utamanya masalah pencabulan dan kekerasan,” imbuhnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)