Pelajari Seni Lukis, Ajak Siswa Ke Museum

Siswa SMP Bhakti Praja, Kecamatan Kaliwungu, berkunjung ke Museum Kretek untuk belajar karya seni, Rabu (13/5/2015). (MURIANEWS/ EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Pendidikan yang dilakukan oleh siswa siswi SMP Bhakti Praja,Kecamatan Kaliwungu  di Museum Kretek Kudus merupakan sebuah proses mempelajari seni lukis.

Salahsatu guru SMP Bhakti Praja Novi Salmia menjelaskan, pihaknya mengajak siswa berkunjung ke museum, memang untuk diperkenalkan secara langsung ragam lukisan yang terdapat di museum. Sehingga menambah wawasan mereka akan karya seni.

”Acara kunjungan ini merupakan serangkaian pembelajaran mata pelajaran seni budaya yang terdapat di kelas VII dan VIII. Oleh karenanya kelas tersebut kami ajak ke sini, saat ini siswa yang kami bawa 15 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kunjungan ini, siswa diperkenalkan lukisan yang indah. Baik dilihat dari hasilnya, coretan cat, hiasan ornamen lukisan, maupun yang lainnya. Sehingga sepulang dari kunjungan Museum Kretek ini, siswa paham apa arti lukisan tersebut.

”Yang penting siswa tahu lukisan itu dibuat bukan secara asal-asalan. Namun dengan perasaan dan jiwa seni yang mendalam,” imbuh Novia. (EDY SUTRIYONO/ TITIS W)