Gelombang Tinggi, Transportasi ke Karimunjawa Terputus

KMP Siginjai saat ini berada di Dermaga Kartini. Lantaran gelombang laut tinggi, Syahbandar tak memberikan izin berlayar. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Gelombang air laut di perairan utara Jawa Tengah dan Karimunjawa sampai saat ini masih tinggi. Sehingga kapal yang melayani penumpang Jepara-Karimunjawa maupun sebaliknya tak diberikan izin berlayar oleh Syahbandar. Praktis, transportasi Jepara-Karimunjawa terputus.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jepara, Sutana mengatakan, hari ini, Selasa (12/5/2015) semua kapal penumpang baik kapal cepat Ekspres Bahari maupun kapal KMP Siginjai, tidak diberikan izin untuk berlayar karena gelombang air laut tinggi.

”Ketinggian sekitar maksimal 2,5 meter, sehingga Syahbandar tidak memberikan izin. Saat ini semua kapal ada di Dermaga Kartini setelah hari Minggu kemarin membawa pulang pengunjung dari Karimunjawa,” kata Sutana kepada murianews.com, Selasa (12/5/2015)

Menurutnya, saat ini memang tidak banyak calon penumpang yang ”kecelek” lantaran sehari sebelumnya informasi mengenai tidak diberangkatkannya kapal hari ini sudah diberikan. 

”Biasanya Syahbandar update informasi gelombang setiap hari sekitar pukul 14.00 WIB, sehingga pukul 15.00 WIB sudah dapat diinformasikan,” katanya. (WAHYU KZ/TITIS W)