Duh..Otak Pengedar Upal yang Ditangkap di Kudus Ternyata Ayah dan Anak

Tersangka pengedar uang palsu ketika diamankan di Mapolres Kudus (MURIANEWS/FAISOL HADI)

KUDUS – Lima tersangka pengedar uang palsu yang diamankan Polres Kudus, yakni Suripan (56) dan Dwi Handoko (30) warga Dukuh Jetak, Kecamatan Kedungdowo, Sunardi (43) Desa Kauman Kecamatan Kota, Ahmad Saerono (49) dan Kasmi (40) warga Desa Tambaharjo Pati.

Dari kelima tersangka, Suripan dan Dwi Handoko merupakan otak dari komplotan tersebut. Keduanya ternyata merupakan ayah dan anak.

”Otak pelaku malah dari satu keluarga, yakni  Suripan dan Dwi Handoko, yang berstatus ayah dan anak. Mereka sudah ahli dan pandai mendistribusikan uang palsu tersebut,” kata Kapolres Kudus, AKBP M Kurniawan, Selasa (12/5/2015).

Menurutnya, dari mereka berdualah sumber uang palsu diedarkan. Kemudian,  mereka membagi tugas dengan ketiga pelaku lain untuk menjualnya ke masyarakat.

Selain itu, terdapat pelaku yang juga wanita, yakni Kasmi, yang kesehariannya merupakan ibu rumah tangga dengan sesekali menjual uang palsu tersebut ke masyarakat. 

Terkait maraknya peredaran uang palsu ini, Kapolres mengimbau supaya lebih hati-hati ketika menerima uang. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)