Pemdes Burikan Janji Fasilitasi Kesenian Reog

Paguyuban Reog Cendana Sakti berlatih sebelum melakukan pentas. (MURIANEWS/EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Upaya Paguyuban Reog Cendana Sakti menguri-uri kesenian Reog Ponorogo mendapat sinyal positif dari Pemerintah Desa (Pemdes) Burikan, Kecamatan Kota. Mereka berjanji akan memfasilitasi kesenian reog. Sehingga kesenian tersebut bisa tetap ada dan menjadi daya tarik positif Pemdes Burikan.

Kami dukung langkah Paguyuban Reog Cendana Sakti. Dengan begitu kesenian tersebut dapat memberikan nilai plus terhadap desa ini. Meskipun asal mulanya memang kesenian tersebut dari Kabupaten Ponorogo,” kata Selamet Wibowo, Kepala Desa Burikan.

Menurutnya, dengan adanya kesenian tersebut dapat memberikan kegiatan positif bagi pemuda. Apalagi Paguyuban Reog Cendana Sakti dipegang oleh seluruh anggota Karang Taruna.

”Fasiltas itu akan kami wujudkan dalam bentuk anggaran yang diperuntukkan untuk Karang Taruna. Selain itu kami juga bermaksud memfasilitasi administrasis supaya Reog tersebut terdaftar di Dinas Pariwisat dan Kebudayaan Kudus. Sehingga paguyuban itu mendapoatkan sertivikat,” imbuhnya. (EDY SUTRIYONO/SUPRIYADI)