SD 4 Karangbener : Semangat Kartini untuk Memberdayakan Kemampuan Wanita

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, SD 4 Karangbener, Kecamatan Bae menggelar berbagai lomba. Acara yang berlangsung Selasa (21/4) tersebut digelar untuk meningkatkan kualitas wanita, khususnya dalam bidang pendidikan.

Tahun ini, SD yang berdiri pada tahun 1976 ini mengambil tema berdayakan kemampuan wanita. ”Oleh karenanya, mulai dari upacara, lomba, maupun sampai dengan dewan jurinya semua yang menangani wanita. Supaya kemampuan (guru) wanita tersebut bisa terekspos serta bisa dikembangkan,” kata Suyanto, kepala SD 4 Karangbener.

Lomba-lomba yang dipertandingkan antara lain peragaan busana, memasak, menyanyi, dan  membaca puisi. ”Meski demikian, siswa putra juga kami libatkan. Supaya dalam kegiatan ini bukan sekadar untuk wanita saja, akan tetapi agar bisa lebih berwarna lagi,” ujarnya.

Sekolah yang bersiswakan sebanyak 94 anak serta terdiri dari 6 kelas dan 12 guru ini ingin menciptakan suasana yang meriah. Sehingga kemampuan wanita juga bisa terasa oleh setiap kalangan, bahwa kaum hawa tersebut memang layak untuk mendapatkan nilai lebih. Untuk para pemenang, pihak sekolah menyediakan 108 hadiah. Dari setiap jenis perlombaan, diambil masing-masing tiga pemenang. 

”Dengan tema yang diusung, kami berupaya untuk terus memberdayakan kemampuan wanita ini. Sehingga, nantinya bisa mendongkrak semangat ibu guru serta siswi putri dalam berbagai kegiatan. Selain itu juga bisa memberikan semangat baru dalam meraih kunci kesuksesannya,” terang dia. 

Dengan adanya kegiatan ini, pihak sekolah berharap supaya kaum wanita bisa lebih tangguh. Sebab ketangguhan wanita memang bukan sekadar di hati nurani saja, namun juga bisa dipraktekkan ke dalam berbagai kegiatan. (Edy Sutriyono / Sundoyo Hardi)