Desa Megawon : Berupaya Meningkatkan Pelayanan

Kepekaan pemerintah desa (pemdes) Megawon, Kecamatan Jati, terhadap warga memang layak mendapat acungan jempol. Sebab selama ini, pemdes telah berupaya melayani warganya dengan baik.

Kepala Desa Megawon Nurasag mengatakan, pihak desa harus bisa peka. Baik itu mengenai pelayanan maupun mengerjakan tugas lain. Termasuk memberikan pelayanan yang secara aturan dilakukan di balai desa, namun pihak perangkat desa setempat  bisa melayani di rumahnya masing-masing.

Sehingga desa yang berpenduduk sekitar 4.700 jiwa serta terdiri dari 20 RT dan 4 RW ini bisa membuat masyarakatnya nyaman. Sebab satu-satunya yang diminati oleh warga adalah hanya pelayanan yang baik.

”Mengapa kita harus selalu siaga? Karena, warga bila membutuhkan surat atau administrasi tidak mengenal waktu. Baik pagi, sore, bahkan malam hari, maka kami sebagai pemerintah desa harus bisa melayaninya. Baik di kantor balai desa maupun di rumah sekalipun,” paparnya.

Menurutnya, yang diiginkan masyarakat adalah pelayanan yang baik. Mengingat, mayoritas masyarakat desa merupakan karyawan pabrik, serta wiraswasta. Sehingga mereka memerlukan administrasi surat izin tidak masuk kerja, maupun surat keterangan.

Selain itu, pihak desa juga selalu memberikan arahan bagi warga supaya mereka juga bisa aktif dalam administrasi. Sebab bila mereka aktif beradministrasi, tentunya pelayanannya juga mudah. Sehingga keadministrasian secara pribadi dan pemerintahan desa juga bisa terlengkapi.

Oleh karenanya, pria yang menjabat kepala desa dua periode ini menuturkan, yang penting masyarakat bisa peka mengenai administrasi. Misalnya, warga sama-sama peka terhadap administrasi supaya mudah mengurusnya. 

Dia cukup bangga dengan warga desa ini. Sebab warga desa cukup antusias bila mendapat informasi dari pemerintah setempat. Baik informasi terhadap pembuatan KTP, KK, maupun yang lainnya. Sehingga informasi tersebut bisa tersampaikan dengan mudah serta bisa ditindak lanjuti langsung oleh warga.  (Edy Sutriyono / Akrom Hazami)