SMK Muhammadiyah Undaan : Gandeng BLK, Pacu Kualitas Siswa

Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemkab Kudus menjadi anugerah tersendiri bagi SMK Muhammadiyah Undaan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan siswa, sekolah ini menggandeng BLK. Instruktur dari BLK ini disesuaikan dengan jurusan masing-masing siswa. 

Praktik siswa dengan instruktur BLK ini juga menyesuaikan jam kegiatan belajar mengajar (KBM). ”Dengan cara ini, siswa juga bisa lebih paham terhadap mata pelajaran yang diajarkan di bangku sekolah. Selanjutnya, keterampilan yang didapat di sekolah bisa semakin dimatangkan saat di BLK,” kata Murtini, wakil SMK Muhammadiyah Undaan. 

Dia menjelaskan, keterlibatan BLK ini hanya untuk tutor saja. Namun, dalam setiap kegiatan, guru mata pelajaran tertentu juga bisa memantau serta memberikan materi tambahan. Sehingga siswa bisa merasakan manfaat ilmu tambahan dari instruktur BLK.

Kegaiatan siswa di BLK wajib diikuti siswa Kelas XI. Sebab kelas tersebut memang sudah menjalani materi praktik pelajaran sesuai dengan jurusannya. Baik praktik mengelas, hingga merangkai speaker active. 

”Waktu yang kami sediakan untuk berlatih di BLK mulai pukul 14.00 smpai 17.00 WIB. Karena waktu tersebut memang cocok untuk berkegiatan. Sehingga siswa juga bisa menjalani dengan fokus serta tenang dalam menerima materi yang disampaikan oleh pembimbingnya,” paparnya.  

Dengan adanya kegiatan semacam ini, siswa diharap semakin memahami serta bisa mengembangkan kreatifitasnya. Dengan harapan, nilai akademik dan non akademiknya juga bisa tercapai dengan baik. 

”Program-program yang kami terapkan ini, menjadi wujud komitmen dari pihak sekolah melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. Selain itu, menghasilkan siswa yang berakhlaq mulia, cerdas, dan kompeten,” pungkasnya. (Edy Sutriyono / Sundoyo Hardi)