Desa Damaran : Peduli Kesehatan, Usulkan Polindes

Guna memerhatikan kesehatan warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Damaran, Kecamatan Kota, mengusulkan pembangunan poliklinik desa (polindes). Tujuannya agar memudahkan warganya kala berobat. Utamanya, saat mereka sakit atau membutuhkan pertolongan.

Kepala Desa Damaran Moh Said Romadlon mengatakan, pemdes menginginkan gedung pembangunan polindes. Keberadaan polindes akan memudahkan warga mendapatkan pelayanan kesehatan. Baik itu pengobatan gratis, atau yang tidak.

Oleh sebab itu, desa yang berpenduduk sekitar 1.300 jiwa, serta terdiri dari 9 RT dan 2 RW ini berupaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) setempat. Maksud koordinasi itu adalah, agar pelaksanaan pengadaan polindes terealisasi.

”Saat ini kami sudah berkomunikasi dengan DKK. Kami juga perlu membuat proposal. Nantinya, DKK akan mengarahkan kami dalam pengelolannya,” kata Said.

Menurutnya, rencana pembangunan polindes itu memang harus dikoordinasikan dengan DKK. Mengingat, itu merupakan wewenang DKK. Desa akan bergerak begitu ada hasil dari DKK. 

”Pemerintah desa akan selalu siap bila nantinya pembangunan tersebut dipasrahkan ke kami,” ujarnya.

Pemdes saat ini juga sudah menyiapkan tempat atau lokasi rencana pembangunan polindes. Yakni akan menempati salah satu lahan yang terletak di wilayah RT 1 RW 1. Alasan penempatannya di lokasi itu karena wilayah tersebut padat akan penduduknya.

”Saya berharap proposal yang diajukan bisa disetujui pemerintah setempat. Sehingga, kami bisa ikut memberikan bantuan, arahan, serta pandangan tempat pembangunan polindes ini,” tuturnya. 

Bila rencana pembangunan polindes terealisasi, pemdes akan senang. Lantaran, pembangunan itu merupakan harapan warga. ”Dengan adanya polindes juga bisa memberikan nilai lebih tersendiri kepada kami,”  pungkasnya. ( Edy Sutriyono / Akrom Hazami)