Pemerintah Desa (Pemdes) Ngembalrejo, Kecamatan Bae Prihatin dengan Pengangguran 

Pemerintah Desa (Pemdes) Ngembalrejo, Kecamatan Bae, merasa prihatin dengan banyaknya warga yang masih belum memiliki pekerjaan, atau pengangguran. Karenanya, pemdes berupaya memberikan solusi. Yaitu dengan melakukan pelatihan kerja.

Untuk menjalankan solusi itu, pemdes terlebih dulu akan mendata seluruh warga yang belum memiliki pekerjaan itu. ”Nantinya, kami akan mendata warga yang menganggur, Tujuannya saat ada pelatihan nanti, mereka bisa diikutkan. Terlebih lagi, pelatihan itu diadakan oleh pemerintah kabupaten langsung,” kata Kepala Desa Ngembalrejo, M Zakaria. 

Dengan solusi, pemdes secara tidak langsung juga sama saja telah mengurangi tindak pidana kejahatan yang disebabkan oleh adanya pengangguran. Sebab selama ini marak kejahatan yang terjadi, dilakukan oleh mereka yang belum memiliki pekerjaan.

”Nantinya pihak desa akan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK). Supaya pengangguran itu mempunyai bekal untuk menjalankan usaha seperti wiraswasta atau membuat kreativitas yang bisa memberikan dampak ekonomi positif bagi dirinya sendiri,” paparnya.

Selain itu, nantinya pemdes juga akan mengadakan pemberdayaan untuk pengangguran dengan cara memotivasinya. Dengan motivatornya itu langsung didatangkan dari pemerintahan. Mereka akan dilatih untuk bisa hidup mandiri. Khususnya dari segi ekonomi.

”Meskipun desa ini sangat produktif, akan tetapi juga tidak luput dari adanya pengangguran. Biasanya, pengangguran disebabkan dari dirinya sendiri yang memang tidak mau berusaha untuk bisa hidup sukses,” ujarnya.

Adanya tindak lanjut pemdes itu akan memberikan dampak positif bagi pembangunan. Sebab pembangunan itu juga bisa dilaksanakan dengan cara membangun SDM warganya. 

”Kami berharap dengan pemberian latihan kepada mereka yang belum bekerja, akan memberikan manfaat bagi mereka. Meskipun hanya sekadar pelatihan di BLK. Namun itu penting untuk memancing kreativitas warga agar perekonomiannya bisa mapan,” imbuhnya. (Edy Sutriyono / Akrom Hazami)