Desa Gondosari : Segera Menata PKL

Saat ini Pemerintah Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, akan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Jalan Raya Pabrik Rokok Sukun. Hal itu untuk mengurai kemacetan di tempat tersebut. Dalam penertiban itu, pihak desa sudah menyiapkan lapak untuk pedagang di sebelah selatan kantor Kecamatan Gebog.

Kepala Desa Gondosari Haryanto mengatakan, penertiban PKL akan dilakukan secepat mungkin. Serta untuk melakukannya, kemarin pihak desa sudah berkoordinasi dengan PKL tersebut. Supaya saat penertiban pada bulan ini akan berjalan baik.

Dengan adanya rencana penertiban PKL tersebut, desa yang berpenduduk sebanyak 12.477 jiwa serta terdiri dari 58 RT dan 11 RW ini juga telah mendapat bantuan dari dinas terkait. Bantuan itu berupa 17 unit lapak yang nantinya akan dijadikan tempat relokasi PKL tersebut.

”Saat ini kami sudah mendapat bantuan dari Dinas Perdagangan Dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus berupa 17 lapak. Selain itu, kami juga sudah mempunyai empat kios yang sudah terbangun. Sehingga untuk merelokasi PKL tersebut, kami sudah menyiapkan dengan matang fasilitas tersebut,” paparnya.

Menurutnya, dampak perelokasian PKL tersebut akan mampu memperlancar lalu lintas jalan yang ada di dekat kantor Pabrik Rokok Sukun. Selain itu, nantinya kebun binatang Menjangan ini juga akan dipindah di sebelah selatan kantor Kecamatan Gebog tersebut. 

”Kami memang akan mewacanakan itu. Sehingga di sepanjang jalan Sukun ini bisa lancar. Sebab selama ini, jalan yang menuju ke perkantoran atau pabrik rokok ini selalu berjubel saat pagi dan sore hari,” tuturnya.

Selain itu, nantinya pihak desa juga akan selalu memantau perkembangan PKL yang sudah menetap di lapak-lapak tersebut. Sehingga kenyamanan serta keamanan terhadap tempat yang sudah disediakan itu bisa berkembang, layaknya pasar kecil yang ada di desa. 

”Kami berharap nantinya dalam penempatan ini, PKL bisa meningkatkan pendapatannya. Sebab tempat yang kami sediakan ini juga cukup luas, bersih serta bisa dikatakan pasar desa. Sehingga mereka akan bisa merasa nyaman di tempat barunya nanti,” imbuhnya.( Edy Sutriyono / Akrom Hazami)