Desa Undaan Lor Tingkatkan Panen dengan Bangun Drainase

Setiap desa yang berada di Kecamatan Undaan, mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Sehingga untuk meningkatkan hasil pertaniannya, saat ini Pemerintah Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, akan membangun drainase di setiap blok persawahan.

Nantinya drainase tersebut akan difokuskan di beberapa blok persawahan di desa ini.”Di antara blok yang kami fokuskan akan dibangun drainase adalah blok larik Kauman Rejo, blok larik Centug dan blok Kedung Rejo,” kata Najib, Sekretaris Desa Undaan Lor.

Dengan adanya pembangunan drainase tersebut, nantinya desa yang berada di jalur Kudus-Purwodadi tersebut akan memiliki pengairan yang lancar. Sebab selama ini, aliran air ke sawah petani sering tidak lancar atau bahkan, air yang ada, justru meluber ke mana-mana.

”Pengairan di kali dekat sawah sementara ini masih belum maksimal. Sebab tebing sungai yang ada, tinggi permukaannya hampir sama dengan tinggi permukaan sawah. Maka di saat air mengalir, sawah-sawah warga sering tergenang air dengan berlebihan,” papar Najib.

Menurutnya, pembangunan itu nantinya juga akan disertai dengan menormalisasikan kali yang memang sudah dangkal. Sehingga saat musim panen tiba, maka air yang masih tersisa di sungai tersebut bisa mengalir, serta tidak meluber ke sawah warga.

”Pembangunan itu merupakan hasil dari musrenbang di tahun 2014 kemarin. Sehingga di tahun 2015 bulan Mei ini akan ditindaklanjuti. Sebab usulan dalam musrenbang itu kan berjarak satu tahun dari pembangunannya,” ujarnya.

Hal senada juga dibenarkan oleh salah satu petani yang berada di blok larik Centug, Sutono. Dia mengatakan, pengairan ini memang selalu meluber ke sawah di saat musim panen tiba. Bahkan kadang, luberan air itu membawa tumpukan sampah atau yang lainnya.

Sehingga penanganan drainase yang berada di blok ini memang butuh perhatian. Selain itu, nantinya juga bisa memperlancar aliran air di saat musim tanam tiba. Serta tidak begitu menenggelamkan benih padi yang baru ditanam petani. 

Baginya, pembangunan saluran air atau drainase ini pasti akan bermanfaat. Sebab secara jangka panjang akan bisa meningkatkan hasil panen. Selain itu juga bisa menghindari tumpukan sampah yang mengalir ke sawah petani. (Edy Sutriyono / Akrom Hazami)