Desa Tanjungkarang : Siap Hadapi Lomba Desa

Saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungkarang, Kecamatan Jati telah siap menghadapi Lomba Desa yang akan datang. Sehingga desa yang berpenduduk sekitar 4.000 jiwa, serta terdiri dari 29 RT dan 7 RW ini, mulai bekerja keras. 

Di antara persiapan yang telah dilakukan adalah menertibkan administrasi, maupun melakukan kerja bakti setiap harinya. Kegiatan untuk menghadpai Lomba Desa tersebut sudah dilakukan oleh pihak desa jauh-jauh hari.

”Memang kami bersiap menhadapi lomba tersebut. Yaitu dengan cara menertibkan administrasi desa dan memantau kebersihan tiap kampung,” kata Sumarno, Kepala Desa Tanjungkarang.

Sebab dalam Lomba Desa tersebut, nantinya akan dinilai oleh pemerintah kabupaten setempat. Bila desa tersebut mendapatkan nilai maksimal, maka poin desa juga akan bisa terangkat. Biasanya penilaian dilihat dari kebersihan, maupun pemerintahannya.

” Kami sudah lakukan persiapan sejak enam bulan lalu. Atau jauh-jauh hari sebelum adanya informasi Lomba Desa. Yaitu dengan cara memberikan arahan ke warga. Termasuk memberikan saran ke warga untuk menanam bunga pucuk hijau di depan rumahnya masing-masing,” paparnya.

Menurutnya, Lomba Desa ini harus bisa berjalan dengan baik. Sebab desa ini merupakan pusat keramaian di Kecamatan Jati. Selain itu, desa ini juga terletak di tepi jalan pantura. Praktis, pengguna jalan  dari mana pun yang melintasi jalur pantura Kudus bisa melihat keindahan desa.

”Selain menyiapkan secara keadministrasian desa dan kebersihan lingkungan, kami juga akan memberikan tema dalam lomba yang akan datang. Yaitu bertemakan Kartini, sebab dalam perlombaan itu nantinya jatuh pada bulan April. Pada bulan April, identik dengan Hari Kartini,” tuturnya.

Dengan adanya persiapan yang sudah dilakukan sebelum informasi Lomba Desa beredar, desa ini berharap bisa meraih hasil maksimal. Maka dari itu, pemdes berharap kerja sama aktif dari warga setempat.

”Kerja sama yang kami lakukan kepada warga adalah saling berkomunikasi. Sebab komunikasi itu bisa memperlancar jalannya roda pemerintahan kami. Terutama untuk menghadapi Lomba Desa,” imbuhnya. (Edy Sutriyono / Akrom Hazami)