Desa Pedawang : Siapkan Pembangunan Gapura 

Dalam waktu dekat, Pemerintah Desa (Pemdes) Pedawang, Kecamatan Bae, akan memprogramkan pembangunan gapura. Harapannya dengan pembuatan gapura tersebut akan mengubah wajah desa serta mempercantik lingkungan.

Kepala Desa Pedawang Moh Rifai mengakui jika desanya tidak mempunyai wajah desa. Diketahui, di sebelah barat desa sudah terdapat sawah yang ditanami tebu. Selain itu juga terdapat sungai kecil. 

Desa yang berpenduduk sekitar 4.000 jiwa serta terdiri dari 18 RT dan 3 RW ini akan membuat bangunan gapura sesegera mungkin. Selain bangunan gapura akan mempercantik desa, juga menjadi petunjuk masuk area Pedawang.

”Pembangunan gapura itu nantinya akan ditempatkan di ujung gang. Bila dilihat dari jalan raya, desa akan tampak rapi. Nantinya bangunan gaprura juga bisa menjadi keunggulan desa menghadapi Lomba Desa di tahun depan.

Menurutnya, pembangunan ini memang perlu. Sebab kelima gang yang berada di desa tidak satupun terdapat gapuranya. Praktis, pihak desa akan mengusahakan keras adanya pembangunan tersebut.

”Untuk penganggaran gapura tersebut nantinya akan kami rapatkan dengan tokoh masyarakat, RT, RW maupun BPD. Apakah akan diambilkan pada APBDes atau swadaya masyarakat,” tuturnya.

Pihak desa juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pembangunan tersebut. Supaya pengajuan penganggaran bisa diambilkan dari dana aspirasi lewat DPR.

”Meskipun ini baru wacana namun tanggapan dari warga juga sangat positif. Gapura itu juga bisa dijadikan simbol alamat, bila ada seseorang yang akan bertandang ke rumah saudara atau temannya,” imbuhnya. (Edy Sutriyono / Akrom Hazami)