Wisatawan Padati Karimunjawa di Libur Akhir Pekan yang Berbarengan dengan Hari Raya Nyepi

JEPARA – Libur akhir pekan sekaligus Hari Raya Nyepi meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Touris Information Centre (TIC) Karimunjawa mencatat, hingga Sabtu (29/3) sore sebanyak 1.200 wisatawan lokal dan manca negera berlabuh di wilayah terpencil Kabupaten Jepara itu.

Petugas TIC Karimunjawa Alex mengatakan, gelombang wisatawan mulai masuk Dermaga Jepara Jepara menuju ke Pulau Karimunjawa sejak Jumat (28/3) hingga Senin (31/3). Pada Sabtu, tiga unit kapal berlayar menuju Karimunjawa dengan penumpang berjumlah sekitar 900 wisatawan.

”Sejak libur akhir pekan ini, kapal menuju Karimunjawa didominasi wisatawan atau  hanya 10 persen penumpang warga sekitar. Sementara ini, sebagian besar pengunjung merupakan wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan asing hanya beberapa,” terang Alex.

Meskipun jumlah wisatawan meningkat tajam dibanding akhir pekan sebelum-sebelumnya, pihaknya menjamin tidak ada wisatawan yang telantar atau tidak mendapat penginapan. Saat ini jumlah home stay dan hotel di Karimunjawa sebanyak 56, sehingga cukup untuk menampung seluruh wisatawan yang akan menghabiskan masa libur selama tiga hari di Karimunjawa. 

Pengelola biro perjalanan wisata Karimunjawa Srianto mengatakan, terkait krisis listrik sejak beberapa bulan terakhir, wisatawan diminta untuk dapat memaklumi kondisi tersebut. Meski secara langsung tidak berdampak pada aktivitas wisatawan, namun penerangan listrik yang hanya menyala selama enam jam, mengusik kenyamanan wisatawan di Karimunjawa.

Sementara itu, berbagai upaya dilakukan warga untuk meningkatkan pelayanan dan menjaga kenyamanan pengunjung, antara lain dengan  menggiatkan kerja bakti agar lingkungan pantai dan permukiman bersih dari sampah. 

”Kami hidup dari pariwisata. Sehingga kebersihan tempat-tempat wisata, termasuk tempat tinggal para wisatawan selama di Karimunjawa menjadi tanggung jawab masyarakat,” ujar salah seorang warga Karimunjawa, Jati. (Wahyu Kz / Sumarni)