Hamilton Jawara GP Malaysia Setelah Menyelesaikan 56 Putaran Balapan

SEPANG – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton finish terdepan di seri kedua balap Formula 1 (F1), Grand Prix Malaysia, Minggu (30/3) sore waktu Indonesia. Hamilton mulus menyelesaikan 56 putaran balapan. 

Kemenangan Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Malaysia ini, membawa hasil 1-2 bagi tim Mercedes. Kondisi ini semakin dominan, menginjak seri kedua musim ini. Sementara rekan setimnya, Nico Rosberg yang start dari posisi tiga, juga tidak mendapat perlawanan untuk merebut juara dua. Sedangkan Sebastian Vettel, harus puas finish ketiga untuk Red Bull, setelah dia disalip Rosberg ketika start dilakukan.

Juara dunia 2008 ini, berhasil mencatatkan waktu tercepat pertama 1 menit 59,431 detik pada babak kualifikasi kemarin. Dia unggul 0,055 detik atas pembalap Red Bull Racing Sebastian Vettel. Hamilton mengaku senang atas keberhasilannya ini. 

”Saya sempat menyerah karena kondisi hujan yang mempersulit penglihatan. Ini hari yang luar biasa,” kata Hamilton dikutip dari formula1.com. 

Diketahui, kondisi lintasan yang basah menyebabkan beberapa pebalap mengalami kecelakaan. Salah satunya pebalap Caterham, Marcus Ericsson. Ia tergelincir keluar lintasan, sebelum menabrak dinding pembatas. Akibatnya, serpihan bagian mobil Ericsson di trek, mengakibatkan Q1 (waktu cut-off) harus selesai lebih awal.

Di Q2 juga sempat terhenti selama beberapa saat, yakni ketika pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, bersenggolan dengan Alonso. Moncong mobil Kvyat hancur, sedangkan suspensi depan sebelah kiri mobil Alonso rusak. Keduanya tetap bisa melanjutkan kualifikasi, namun insiden tersebut tetap diinvestigasi pengawas lomba.

Pada Q3 juga menyebabkan beberapa tim menggunakan strategi ban yang berbeda, yaitu dalam menyikapi hujan deras. Saat sebagian besar menggunakan ban basah, Kimi Raikkonen (Ferrari) dan Jenson Button (McLaren), justru memilih memakai ban intermediet. Hasilnya, kedua pebalap itu gagal menembus lima besar.

Sementara, gelar juara Hamilton menjadi gelar perdananya di GP Malaysia. Sebab, selama kariernya, ia belum pernah menjadi juara di Sirkuit Sepang. Pebalap asal Inggris itu, hanya beberapa kali naik podium. 

”Saya finish di posisi ke dua dalam debut F1 di Sepang pada 2007 lalu. Tapi saya belum pernah menang di sini,” ujar Hamilton. (Aries Budi)