Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Siapkan Ribuan Ruang untuk UN 2014

KUDUS – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus telah mempersiapkan ruang Ujian Nasional (UN) pada April nanti.  Jumlah ruang yang disediakan untuk siswa SMA sederajat yang digunakan mencapai ribuan.

”Jumlahnya banyak, untuk tingkat SMA sederajat, jumlahnya sekitar 1.309. sedangkan untuk tingkatan SMP sederajat, jumlah ruang yang digunakan 705 ruang,” kata sekretaris Disdikpora kepada Koran Muria, kemarin.

Jumlah ruang, kata Hartono terdiri dari berbagai instansi. Yakni sebanyak 166 dari SMA, 206 dari MA dan 228 dari SMK ditambah, dan ditambah satu untuk SMALB. Sedangkan untuk SMP sederajat, 705 ruang yang tersedia terdiri dari 380 SMP, 324 MTs dan 1 SMPLB. Jumlah ruang tersebut bersifat sementara, karena melihat kondisi nantinya. Jumlah ruang kemungkinan bertambah.

Sedangkan untuk paket C dan paket B, Disdikpora sudah menyiapkan beberapa ruang untuk menampungnya. ”Kami dari dinas sudah menyediakan tempat di SMP 5, SMP 3 dan SMP 1 Jekulo. Tempat tersebut sama dengan tahun kemarin, dan tempat itu memang layak dijadikan tempat UN,” ujar Hartono.

Dia menambahkan, puluhan ribu peserta Ujian Nasional (UN) April nanti, harus sudah siap menghadapi UN. Karena semua ruang yang disediakan akan dikemas sedemikian rupa agar peserta UN dapat konsentrasi dengan tenang nantinya. 

”Dalam UN April nanti, pengawas UN akan didampingi oleh berbagai dosen dari berbagai perguruan tinggi di Kudus,” katanya. (Faisol Hadi / Suwoko)