Simon Melenggang ke Semifinal Yonex-Sunrise Malaysia Grand Prix Gold

SEMARANG – Tunggal putra Simon Santoso melenggang ke babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Yonex-Sunrise Malaysia Grand Prix Gold. Dia berhasil mengalahkan juara junior Asia Soo Teck Zhi di babak perempatfinal kemarin.

Dikutip dari halaman resmi PBSI, Segudang pengalaman dan teknik membuat Soo Teck Zhi tidak berdaya. Alhasil, Simon yang menempati unggulan ke-15 berhasil mengalahkan pemain tuan rumah dengan dua game 21-10, 21-4. 

”Mungkin dari segi pengalaman saya lebih unggul. Saya sudah membaca permainan Soo dan tahu strategi apa yang harus diterapkan. Soo memiliki andalan di smash yang keras dan sebisa mungkin saya tidak memberi kesempatan kepada dia untuk mengeluarkannya,” katanya.

Meski begitu, Simon sempat kejar-kejaran angka. Bahkan, di game pertama mereka sempat meraih angka 6-6. Akan tetapi, Simon kemudian berlari meninggalkan Soo dan unggul pada interval game menjadi 11-5. Simon semakin tak terkejar dan unggul 18-8 dari Soo yang sering membuat kesalahan sendiri.

”Pada awal game pertama, saya bermain terlalu hati-hati. Saya merasa menang angin sehingga harus lebih mengontrol bola. Saya juga menjaga kecepatan saya, tidak boleh kalah cepat dari Soo,” ujar Simon.

Pada game kedua, Simon kembali menguasai irama permainan dan lawan terus berada di bawah tekanan dan seolah serba salah di lapangan. Drop shot dan netting Simon seringkali gagal dikembalikan Soo dengan baik dan membuat unggul 11-4. Kemudian mengunci perolehan angka lawannya sampai game kedua selesai.

”Pada games kedua, lapangan saya kalah angin dan ini membuat saya lebih enak mengatur bola sementara ini sepertinya kurang menguntungkan buat lawan, dia banyak mati sendiri,” tegasnya.

Pada babak empat besar Simon yang kini menempati peringkat 56 dunia ini akan menghadapi tunggal putra Thailand Thammasin Sitthikom. Sebelumnya pemain thailand tersebut menyingkirkan pemain Tiongkok Wei Nan yang menempati unggulan ke-10 dengan tiga game (21-17,17-21,21-17).

Pertemuan Simon dengan pemain Thailand yang menempati peringkat 139 dunia tersebut baru yang pertama kali. (Supriyadi)