Jelang Nyepi, Umat Hindu Jepara Padati Pantai Bandengan

JEPARA-Sekitar 300 umat Hindu di Kabupaten Jepara menggelar upacara Melasti di Pantai Bandengan, Jumat (28/3). Rangkaian acara menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Senin (31/3) pekan depan itu, bertujuan untuk mensucikan diri atau menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. 

Prosesi upacara Melasti di pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Tirta Samudra itu berlangsung khidmat. Para peserta datang berbondong-bondong membawa beragam sesaji dan perlengkapan peribadatan lain untuk disucikan. Antara lain arca, pratima, dan pralingga dari masing-masing pura yang tersebar di wilayah Jepara untuk disucikan.

Sebelum pelaksanaan upacara Melasti di Pantai Bandengan, setiap umat Hindu menggelar ritual Matur Uning di pura masing-masing. Sembahyang itu  bertujuan untuk meminta doa dan restu agar dalam Melasti berlangsung lancar tanpa kendala.

”Dalam kepercayaan kami, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan,” kata salah seprang pemuka Hindu, Ninik usai upacara di kawasan Pantai Bandengan.

Menurut dia, sumber air tersebut memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, termasuk umat manusia. Oleh karena itu upacara Melasti selalu digelar di tempat-tempat khusus, antara lain pesisir pantai atau tepi danau. (Wahyu Kz/Sumarni)