IPSI Siap Gelar Kejuaraan Dunia

JAKARTA – Upaya mempertahankan juara umum di SEA Games XXVIII Singapura tahun 2015, PB IPSI berusaha keras melakukan terobosan dalam meningkatkan prestasi para atletnya. Guna memenuhi semua itu, PB IPSI merencanakan menggelar kejuaraan dunia pencak silat di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta awal Desember 2014.

”Para atlet yang kini dijaring masuk Pelatnas akan mengikuti test terakhir dalam kejuaraan dunia pencak silat di Jakarta. Dengan begitu, atlet yang berprestasi puncak langsung dijaring masuk tim inti SEA Games XXVIII Singapura,” Kata Tamsil Rimsal Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB IPSI di halaman Satlak Prima.

Tamsil mengatakan, dalam mempersiapkan atlet menuju multi event dua tahunan ASEAN, PB IPSI tidak main-main. Semua itu dalam rangka mengejar dan mempertahankan juara umum. Melalui persiapan yang matang hasilnya diharapkan memenuhi keinginan masyarakat di Tanah Air.

Ia mengakui, cabang pencak silat belum dipertandingkan di Asian Games di Incheon, Korsel September 2014. Namun bukan berarti tidak menempa atlet yang dipersiapkan menuju Singapura. Karena SEA Games XXVIII waktunya digelar Juni 2015. Bila menempa atlet mulai tahun depan, dikhawatirkan persiapan kurang matang dalam mempertahankan juara umum.

Melalui pertimbangan itu pula, atlet yang dipersiapkan menuju SEA Games XXVIII ditempa di Pelatnas mulai Februari 2014. Dengan harapan, diperoleh atlet yang benar-benar berprestasi melalui sistem promosi degradasi (Prodeg). Atlet yang prestasinya berjalan ditempat bisa digantikan atlet lain yang mampu mengalahkan dalam Seleknas maupun kejurnas. (Supriyadi)