SMKN 1 Kudus Siap Jadi Yang Pertama

KUDUS – SMK Negeri 1 Kudus terpilih menjadi sekolah kuliner nusantara yang pertama di Indonesia. Ini tentu saja merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi seluruh penghuni sekolah tersebut.
Perjalanan untuk menjadi yang pertama ini, memang sudah dipersiapkan sejak awal. Tujuannya untuk mencetak calon-calon koki atau chef yang mampu menguasai 30 ikonik kuliner nusantara. Sehingga nantinya dapat ditiru dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia.
Peresmian SMKN 1 Kudus menjadi sekolah kuliner nusantara pertama di Indonesia ini, dilakukan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Kerja sama antara Djarum Foundation dan BNI ini, juga menghadirkan pakar kuliner Indonesia William Wongso, Bupati Kudus H Musthofa, Presiden Direktur PT Djarum Victor R Hartono, Wakil Direktur BNI Melia Salim, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Hadi Sucipto.

Kepala Progam Studi Tata Boga SMKN 1 Kudus Tutik Muyasaroh mengatakan, awal mula terbentuk jurusan ini, adalah ketika saat William Wongso berkunjung ke sekolah tersebut. Yakni pada saat sekolah itu meresmikan jurusan baru tersebut.
”Waktu itu, Pak William Wongso hadir. Beliau tertarik dengan jurusan ini. lantas, beliau mengusulkan kepada Pak Victor yang memang datang saat itu, agar jurusan ini mewajibkan memasak masakan nusantara saja. Dan akhirnya semua disetujui dan difasilitasi. Mulai dari sarana ruang kelas, sampai kebutuhan apa saja yang diperlukan,” tuturnya.
Keseriusan itu, diperlihatkan William Wongso yang melatih para guru jurusan tersebut, agar pintar memasak masakan ikonik nusanntara. Semua fasilitas yang disediakan dan ilmu yang diajarkan, benar-benar diserap guru dan siswa yang belajar di sana. Supaya tujuan untuk memunculkan chef andal di bidang kuliner masakan nusantara, bisa terwujud.
Tutik mengatakan sekolah itu memang sangat istimewa, karena baru kali kali ada di Indonesia. Para siswa juga dibekali mengenali alat dapur di tingkat internasional. ”Termasuk siswa juga dilatih mengenal dan bisa memasak masakan nusantara. Semua serius dipersiapkan, hingga resmi di-launching beberapa waktu lalu itu,” katanya.
Sedangkan Kepala SMKN 1 Kudus Sudirman mengatakan, awal pembentukan Jurusan Tata Boga ini, pihak Djarum dan pakar kuliner William Wongso, merupakan pihak yang paling tertarik mengembangkannya menjadi seperti sekarang.
Ini adalah salah satu bentuk prestasi yang berhasil diukir sekolah tersebut, untuk memunculkan talenta-talenta baru di bidang kuliner. Ini melengkapi sederet penghargaan yang sudah diterima pihak sekolah. Pihaknya juga bangga bisa mendapatkan kepercayaan menjadi sekolah kuliner pertama di Indonesia, yang dikhususkan untuk memasak 30 menu ikonik nusantara.
M3 / MERIE