3 Utusan Italia ke 16 Besar

JAKARTA – Tiga dari empat wakil Italia di kancah Liga Eropa melaju ke Babak 16 Besar. Klub-klub tersebut meliputi Juventus, Napoli, dan Fiorentina. Sayang, juara Piala Italia Lazio harus tersingkir di ajang ini setelah kalah agregat 3-4 dari klub Bulgaria Ludogorets Razgrad.

Sebagai alumnus kontestan Liga Champions musim ini, Juventus terlalu perkasa bagi klub asal Turki Trabzonspor. Meski tampil di kandang lawan pada Jumat (28/2) dini hari, Si Nyonya Tua sukses menggenggam kemenanangan 2-0. 

Dua gol dari Arturo Vidal di menit 18 dan Dani Osvaldo pada menit 33 membuat Juve lolos ke 16 Besar berbekal keunggulan agregat 4-0. Sayangnya, di 16 Besar, Juventus akan saling bantai dengan dengan sesama tim Italia, Fiorentina. La Viola lolos setelah menang 4-2 secara agregat atas Esbjerg. 

Dikutip dari Antara , gol-gol pada menit terakhir dari Gonzalo Higuain dan Gokhan Inler mengantarkan Napoli menang meyakinkan 3-1 dari tamunya Swansea City. Di leg pertama, Napoli bermain seri tanpa gol. Jonathan De Guzman membuat sama kedudukan 1-1 pada menit 30 setelah Napoli unggul lewat Lorenzo Insigne pada menit 17. Higuain mengantarkan kembali Napoli unggul pada menit 78 sebelum Inler menciptakan gol ketiga pada injury time.

 

Selanjutnya, Napoli akan menghadapi Porto yang menyisihkan Entracht Frankfurt di babak 16 Besar. “Kami senang dengan kemenangan ini,” kata Higuain seperti dikutip AFP.

Sementara itu, nasib baik menghampiri Tottenham Hotspur. Setelah kalah 0-1 pada leg pertama, Spurs sepertinya akan tersingkir dari turnamen. Begitu juga ketika Roman Zozulya melepaskan sundulan berbuah gol untuk Dnipro pada dua menit di babak kedua. Namun sepakan Christian Eriksen dari tendangan bebas menipiskan defisit ketertinggalan pada menit 55.

Spurs lalu berbalik unggul 3-1 setelah Emmanuel Adebayor menciptakan dua gol dalam kurun empat menit untuk membawa timnya lolos dengan agregat 3-2. ”Saya tahu kami memiliki kualitas di depan,” terang Adebayor.

Porto yang akan menghadapi Napoli di 16 Besar lolos dengan selisih gol tandang. Usai seri 2-2 pekan lalu di kandangnya, Porto tertinggal lebih dulu 0-2 dari Eintracht Frankfurt berkat gol Stefan Aigner dan Alexander Meier. Namun disamakan dua gol dari bek Eliaquim Mangala. Meier lalu membawa Frankfurt unggul 3-2. Tapi Nabil Ghilas menyamakannya pada empat menit menjelang bubar sehingga kedudukan menjadi 3-3. Porto pun lolos berkat selisih gol tandang.

Selain pertarungan Juventus melawan Fiorentina, juga terjadi laga dua tim dari negara yang sama. Itu akan tersaji ketika  Sevilla bertemu Real Betis di Baba 16 Besar. Sevilla mengalahkan Maribor dari Slovenia 2-1. Sedangkan Betis yang berada di papan bawah La Liga menang tandang 2-0 dari Rubin Kazan dari Rusia dengan agregat akhir 3-1.

SUNDOYO HARDI