Tarif Tol Semarang-Solo Seksi II Ungaran-Bawen Belum Ditetapkan

KAB SEMARANG – Tarif Jalan Tol Semarang-Solo Seksi II Ungaran-Bawen belum bisa ditetapkan. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) hingga kini masih menghjitung besaran tarif untuk jalan sepanjang 11,73 kilometer tersebut. Padahal rencananya jalan tol itu akan dibuka pada akhir Maret. 

Direktur Operasi dan Teknik PT Trans Marga Jateng Ari Nugroho mengatakan, dasar penghitungan tarif oleh BPJT itu yakni investasi, kemampuan, dan kemauan bayar secara ekonomi makro. 

”Namun mengenai kapan tarif tol itu akan ditetapkan, saya belum dapat memastikan, karena hal itu menjadi kewenangan BPJT,” katanya

 

Dia menyatakan, untuk menentukan tarif tol pihaknya tidak bisa terburu-buru. ”Pastinya berapa, masih dihitung-hitung, untuk ditentukan tarif yang pasti dan tidak memberatkan para pengguna tol,” tuturnya.

Menurut Ari, Saat ini jalan tol Ungaran– Bawen masih menyisakan satu pekerjaan, yakni pemindahan tower milik PLN yang berada di bukit dekat jalan tol. Satu titik lokasi tersebut harus sudah diselesaikan, sehingga aman dilalui untuk pengguna. 

”Sangat berbahaya kalau menara itu nanti roboh menimpa ke jalan. Proyek jalan tol saat ini dinyatakan sudah selesai sekitar 98 persen. Sebelum dioperasikan secara resmi akan diujicobakan terlebih dulu,” ujar Ari.

ALEM SAVERO / SUWOKO