Kota Purwodadi Butuh 60 PJU

GROBOGAN – Kawasan Kota Purwodadi, di kala malam terlihat gelap gulita. Pasalnya, di sejumlah ruas jalan yang ada belum terpasang penerang jalan umum (PJU). Di antaranya, di wilayah Genuksuran, Glugu, dan Danyang.

Akibat dari kurangnya penerangan di malam hari itu, menyebabkan sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Hal itu dikarenakan, banyak pengguna jalan yang belum paham dengan jalan yang dilaluinya.

Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTK) Grobogan M Chanif mengatakan beberapa ruas jalan, memang diakui belum ada penerangan jalannya. Tercatat, di kawasan Kota Purwodadi butuh 60 titik penerangan jalan lagi. 

 

”Terlihat di beberapa ruas jalan, memang masih kurang lampu penerangan jalan. Sehingga, pihaknya merencanakan akan melakukan penambahan lampu PJU. Bahkan, nantinya tidak hanya di Kota Purwodadi saja, melainkan bagi masing-masing ibu kota kecamatan (IKK) yanga ada,” katanya.

Namun demikian, tambah Chanif, pihaknya tetap memaksimalkan lampu PJU yang ada. Upayanya yang dilakukan, dengan rutin melakukan perawatan terhadap lampu penerangan jalan yang ada di Kota Purwodadi.

”Tahun ini kami akan melakukan penambahan lampu PJU di lima IKK. Anggarannya sekitar Rp 300 juta untuk 50 titik penambahan. Rata-rata, per kecamatan mendapatkan penambahan lampu penerangan sepuluh titik,” jelasnya.

Sementara, lanjut Chanif, untuk menambah 60 titik lampu penerangan, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 350 juta. 

NUROKHIM / ARIES BUDI