Aspirasikan Lewat Karikatur

KENDAL – Ratusan siswa SMPN 3 Kendal bersama Komunikasi Karikatur Kaliwungu (Kokkang), menggelar pameran karikatur, di halaman sekolah, kemarin. Karikatur yang dipamerkan itu, kebanyakan suara aspirasi dari para siswa dan penggiat Kokkang, sebagai bentuk kritikan terhadap pemerintah.

Ketua Kokkang Muhid mengatakan karikatur yang dipamerkan itu, sengaja memilih tema tentang kritik sosial, utamanya kebijakan pemerintah setempat. Bahkan, beberapa karikatur lainnya, banyak yang bersuara tentang pelaksanaan Pemilu 2014 nanti.

 

”Kritik sosial kami tujukan kepada para caleg yang maju dalam Pemilu 9 April 2014 ini. Selain itu, kami juga ajak generasi muda agar mampu menyalurkan aspirasinya lewat media apa saja, demi kemajuan Kendal,” katanya.

Sementara, Kepala SMPN 3 Kendal Kusnato menambahkan, pameran karikatur siswanya itu dilakukan, dalam rangkaian HUT SMPN 3 Kendal. ”Jadi, kegiatan positif, tidak semata-mata memamerkan seni, tapi bisa dalam wujud aspirasi sosial,” ucapnya.

Terpisah, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kendal Joko Suprayitno mengaku terkesan, dengan hasil karya para siswa SMPN 3 Kendal. Menurutnya, karya seni merupakan kretifitas positif yang bisa dikembangkan.

”Karya seni yang dipamerkan ini, bisa dibilang sangat baik bila dibandingkan sekolah lainnya. Untuk itu, saya salut kepada para siswa,” ujarnya. 

M HARIYANTO / ARIES BUDI