2 Caleg Perempuan Dibidik Panwascam Tembalang

KOTA SEMARANG – Dua calon legislatif perempuan menjadi bidikan Panwascam Tembalang, terkait dugaan pelanggaran kampanye. Salah satu caleg yang dibidik, merupakan anggota DPRD Kota Semarang, dan satu lagi calon anggota DPD RI. 

Ketua Panwascam Tembalang Bekti Maharani mengatakan, dua calon wakil rakyat tersebut adalah caleg DPRD Kota Semarang Dapil Semarang IV (Tembalang, Candisari) Anna Endrawati dan caleg DPR RI HR Utami. 

”Kami akan meminta klarifikasi Bu Anna. Surat undangan juga sudah kami kirim pada Kamis (27/2) ,” kata Bekti Maharani, kemarin.

 

Anna akan diminta klarifikasi atas kegiatan pembagian bahan kampanye, berupa kalender dan kaus yang disertai pemberian gula pasir kemasan 500 gram. Bahan kampanye itu dibagikan kepada ibu-ibu peserta pengajian di rumah salah satu warga RW 07 Dusun Pengkol, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Rabu, (25/2) sore. 

Saat itu, Anna didampingi caleg Partai Demokrat nomor urut 2 untuk DPR RI Dapil Jateng 1, Brahmana. Berdasar  laporan masyarakat, Anna diduga juga menjanjikan pemberian barang kepada warga di dalam acara tersebut.

”Sedangkan Bu Utami akan kami minta klarifikasi terkait sosialisasi dirinya di TK Kemala Bayangkari yang berada di Komplek Asrama Polisi Sendangmulyo,” ucapnya.

Dosen IKIP PGRI itu diduga memanfaatkan jaringan guru, sekaligus memanfaatkan lembaga pendidikan. Ia ditengarai memakai fasilitas milik pemerintah untuk kampanye. 

Sementara itu, Anna Endrawati membantah jika dirinya melakukan politik uang (money politics). Dia berdalih, justru membantu KPU melakukan sosialisasi pemilu. ”Saya ini anggota dewan yang bertemu konstituen. Ninggali sesuatu itu biasa untuk warga yang saya wakili,” kilahnya. 

TRI WURYONO / ALI MUNTOHA