Penonaktifan Bupati Rembang, Gubernur Jawa Tengah Surati Mendagri

KOTA SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengirimkan surat permohonan ke Menteri Dalam Negeri, terkait dengan penonaktifan Bupati Rembang Mochammad Salim yang menjadi terdakwa kasus korupsi dana APBD 2006-2007.
”Kemarin surat permohonan penonaktifan, sudah saya kirim ke Mendagri, agar bisa diproses lebih lanjut,” katanya di Semarang, Kamis (20/2).
Ganjar berharap, Mendagri segera merespon atas surat penonaktifan Bupati Rembang M. Salim tersebut.”Jadi prosesnya kita kirim langsung ke Mendagri, Mendagri kirim surat balasan, selesai,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Seperti dikutip Antara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, Bupati Rembang M. Salim akan dinonaktifkan dari jabatannya setelah ditetapkan sebagai terdakwa. Sementara itu, roda pemerintahan Kabupaten Rembang saat ini, secara otomatis diambil alih oleh Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz.
Seperti diberitakan sebelumnya, kasus korupsi dana APBD 2006-2007 untuk penyertaan modal PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya, dengan terdakwa Bupati Rembang M. Salim, mulai disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Selasa (18/2).
Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum Margono mendakwa Salim dengan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
SUMARNI