Gultor TNI Dikerahkan Sebagai Antisipasi Teror Pemilu 2014

JAKARTA-TNI menyiapkan Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) untuk pengamanan Pemilu 2014. Tim Gultor dari berbagai matra di TNI itu, Jumat (24/1) mulai menggelar latihan dengan sandi ”Waspada Nusa V”.
”Latihan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional dan menjawab permasalahan terkait aksi teroris di objek vital strategis,” kata Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsekal Madya TNI Boy Syahrir Qamar saat membuka Latgultor itu di Lapangan Batalyon 461 D Jati Kuncoto, Halim Perdanakusuma, kemarin.

Diberitakan Antara, latihan itu juga untuk meningkatkan integrasi antara BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris), Satuan Gultor dan Polri dalam melaksanakan tugas dalam satu komando. Kasum TNI menjelaskan, latihan tersebut tidak sekadar memenuhi kalender program, namun untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Satuan Gultor TNI.
Latihan Gultor dibagi dalam dua tahap. Yakni latihan posko yang dilaksanakan mulai 24 – 25 Januari di Batalyon Komando 461 Paskhas Jakarta. Sedangkan latihan lapangan dilaksanakan mulai 27-29 Januari di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma.
”Peserta latihan kali ini melibatkan sebanyak 507 prajurit. Terdiri dari 35 orang penyelenggara, 55 personel Sat-81 TNI AD, 37 Personel Denjaka TNI AL, 38 Personel Satbravo 90 TNI AU, 5 personel Bais TNI, dan 337 orang unsur pendukung,” ujarnya.
ALI MUNTOHA