Warga Kudus Meninggal saat Haji, Dimakamkan di Tanah Suci

Sulti Sanaji Ngadiman, jemaah haji asal Kabupaten Kudus yang meninggal dunia di Arab Saudi. (Group WA)

MuriaNewsCom, Kudus – Kabar duka datang dari pelaksanaan haji tahun 2017. Satu jemaah haji asal Kabupaten Kudus meninggal dunia, Selasa (29/8/2017) kemarin.

Jemaah yang meninggal dunia diketahui bernama Sulti Sanaji Ngadiman (61), warga Desa Temulus, RT 1 RW 6, Kecamatan Mejobo, Kudus. Kabar yang diterima Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus, jenazah Sulti langsung dimakamkan di Arab Saudi.

Kepala Kemenag Kudus, Noor Badi mengaku mengetahui ada warga Kudus yang meninggal dunia saat haji, melalui informasi yang beredar di aplikasi WhatsApp (WA). Ia kemudian melakukan pengecekan, dan memastikan kabar tersebut benar.

“Itu kabar yang kami terima, dan panitia penyelenggara haji sudah mengurus pemakaman jenazah juga. Jadi kini jenazahnya suudah dimakamkan di sana,” katanya saat dihubungi MuriaNewsCom Rabu (30/8/2017).

Menurut dia, kabar tersebut baru sebatas informasi lewat handphone saja. Kini, pihak Kemenag masih menunggu surat resmi dari panitia haji di Arab Saudi.

Surat keterangan tersebut, kata dia, akan dijadikan dasar bagi Kemenag Kudus untuk memberikan kabar secara resmi kepada keluarganya di Temulus.

Meski demikian, pihaknya sudah berkordinasi dengan KUA Kecamatan Mejobo, untuk memberi kabar kepada keluarga jemaah haji tersebut. Nantinya, setelah surat resmi datang akan disampaikan secara resmi pula.

“Mendapatkan surat keterangan membutuhkan waktu hingga beberapa hari, sebelum suratnya sampai. Karena memang prosesnya lama dan panjang,” imbuhnya.

Ia berharap pihak keluarga bisa menerima kabar ini dengan tabah. Ia juga berpesan kepada jemaah haji lainnya untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibdah haji, karena kondisi cuaca di Arab Saudi cukup berat.

Editor : Ali Muntoha