Pesta Rakyat Jateng 2017 Mampu Sedot 40 ribu Pengunjung

Pertunjukan dari salah satu kontingen parade seni budaya dalam Pesta Rakyat Jawa Tengah 2017. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Semarang – Rangkaian Pesta Rakyat yang dipusatkan di Kabupaten Jepara, dalam rangka HUT ke-67 Provinsi Jateng, berlangsung sukses. Perhelatan yang dilangsungkan selama tiga hari sejak Jumat (25/8/2017) hingga Minggu (27/8/2017) itu mampu menyedot sekitar 40 ribu pengunjung.

”Pesta Rakyat Jateng dalam rangka mangayubagya ulang tahun ke-67 Provinsi Jateng, animo dan antusias masyarakat Jepara begitu tinggi. Sehingga diperkirakan total partisipasi masyarakat dan pengunjung kurang lebih 40 ribu orang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sri Puryono.

Penyelenggaraan Pesta Rakyat di Jepara,imbuhnya, menorehkan beberapa catatan istimewa. Antara lain adanya keguyuban dan saling kerja sama di antara masyarakat selama event berlangsung, dan tingginya geliat kewirausahaan yang akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap penyelenggaraan pesta rakyat dari tahun ke tahun semakin semarak dan lebih utama dapat bermanfaat sebagai ajang promosi potensi wilayah sekaligus ajang sinergitas antarkabupaten/ kota,” ujarnya.

Dalam pesta rakyat itu akan digelar Pameran Produk Kriya Dekranasda, UMKM Food Festival dan Kuliner, Pameran Peningkatan Produk Industri Agro, Pojok Konsultasi Bisnis, Parade Band, Lomba Nyanyi, Lomba Fotografi, Pameran Digital Kreatif Media, Festival Olahraga Rekreasi Daerah.

Pada 25 Agustus malam, juga ada Pertunjukan Seni Budaya Jawa Tengah yang diikuti seluruh kabupaten/ kota.

Ada juga Pesta Obor, Dekranasda Carnival, Gowes Jelajah Jepara, Festival Kupat/ Lepet/ Jajanan Pesisir, Ketoprak Kontemporer, Bumi Kartini Night Run, Penjualan Sembako Murah, Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk Disabilitas.

Ada pula band dengan dimeriahkan artis nasional Kunto Aji and Friend. Kemudian festival, job fair, orkes melayu dan lainnya juga bakal menyemarakkan. Serta penampilan dari Shaggydog.

Editor : Ali Muntoha