Maryanto Ayem, Kambing yang Dijual di Jepara Tinggal 7 Ekor

Pedagang hewan kurban tengah memberi makan kambing yang siap dijual. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Lapak penjual hewan kurban di Kelurahan Demaan-Jepara mulai kebanjiran pembeli. Empat hari jelang Idul Adha, sudah puluhan kambing yang terbeli, Selasa (29/8/2017).

Hal itu diakui oleh seorang pedagang Maryanto. Menurutnya, ia dan rekan-rekannya telah membuka lapak di tanah lapang yang bersebelahan dengan Stadion Kamal Junaedi, sejak Minggu (27/8/2017).

“Sudah dari hari Minggu membuka lapak. Dari 53 kambing yang dibawa, sudah 46 yang terjual ekor sekarang tinggal 7 ekor,” tuturnya.

Ia mengatakan, kebanyakan pembeli berasal dari Kedung Malang, Mlonggo dan areal Kota Jepara. Saat membeli kambing, rata-rata konsumen biasanya menitipkan hewan kurban di lapaknya.

“Ini masih banyak karena titipan, nanti diambilnya pas hari Kamis (31/8/2017), berdekatan dengan hari raya,” katanya. 

Dari sisi harga, kambing kurban jantan dijual dari harga paling rendah Rp 2 juta dan termahal Rp 3,5 juta. 

Sementara itu pedagang lain Sutiyono menyebut hal serupa. Dari 40 kambing jenis Jawa Randu sudah setengahnya yang terjual.

Ia menyebut, akan membuka lapaknya hingga hari raya kurban. Hal itu karena pada hari tersebut biasanya masih ada orang yang mencari hewan sembelihan.

“Namun saya memperkirakan puncak pembeli nanti pada hari Rabu dan Kamis. Kalau yang beli ada yang langganan dari tahun lalu ada yang baru,” ucapnya.

Ditanya tentang kendala, ia menyebut belum ada. Hanya saja, kondisi cuaca yang panas menyebabkan ia harus sering memberi minum kepada kambing-kambingnya.

Editor : Ali Muntoha