Listrik Kerap Byar-Pet, Ini Penjelasan Manajer PLN Pati

Seorang petugas PT PLN Rayon Pati tengah melayani pelanggan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah warga Pati mengeluhkan listrik yang kerap byar-pet dalam dua hari terakhir. Selain mengganggu aktivitas, sebagian warga khawatir akan merusak peranti elektronik.

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Pati Irfan Affandi menjelaskan, listrik yang kerap mati disebabkan overload beban yang melebihi batas. Artinya, pelanggan PLN semakin meningkat sehingga kebutuhan akan listri kian tinggi.

“Listrik mati juga disebabkan aktivitas perabasan pohon yang dekat dengan jaringan. Bisa juga overload antara beban yang ada dengan settingan peralatan PLN melebihi batas, jadi tinggal disetting aja,” kata Irfan, Jumat (25/8/2017).

Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk mengizinkan pegawai PLN yang melakukan perabasan pohon yang berdekatan dengan jaringan. Sebab, satu jalur mati akibat tertimpa pohon bisa menyebabkan listrik mati pada banyak rumah.

Terkait dengan listrik byar-pet yang merusak peranti elektronik, pihaknya memastikan hal itu tidak ada persoalan. Sebab, penyebab peranti elektronik rusak disebabkan tegangan naik-turun yang cukup ekstrem, bukan karena hidup-mati.

“Kalau listrik hidup-mati itu tidak masalah, tidak akan merusak peranti elektronik. Yang akan merusak itu, jika tegangan listrik naik-turun yang cukup ekstrem,” imbuhnya.

Sementara untuk mengatasi persoalan listrik yang sering padam, pihaknya segera melakukan setting ulang karena adanya penambahan pelanggan yang semakin banyak. Dia berharap, masyarakat bisa memaklumi kondisi tersebut.

Editor: Supriyadi