Ganjar Tak Ingin Semua Warga Jepara Hanya Bercita-cita Sebagai PNS

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat membuka Pesta Rakyat Jateng di Alun-alun Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin warganya menjadi pengusaha, dan tidak melulu berharap jadi PNS. Hal itu disampaikannya disela peluncuran aplikasi  “Sadewa Market” pada gelaran Pesta Rakyat Jateng 2017 di Alun-alun Jepara, Jumat (25/8/2017). 

“Pengalaman sudah membuktikan, saat krisis ekonomi yang paling bertahan siapa, ya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).  Hal itu karena bidang tersebut mampu menggerakan sektor perekonomian. Jangan penginnya hanya jadi PNS,” ujarnya. 

Karena itu, pemerintah provinsi Jawa Tengah melalui bank Jateng dan aplikasi Sadewa Market, memberikan ruang bagi sektor UMKM untuk bergerak. Melalui perbankan Ganjar mengatakan telah tersedia fasilitas kredit bagi usaha kecil tanpa agunan. Sedangkan melalui aplikasi Sadewa Market, pihaknya memberikan tempat bagi produsen untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. 

Dalam kesempatan itu, ia melakukan test aplikasi dengan memesan sebuah pakaian batik. “Saya tadi memesan sebuah batik, sekarang sudah datang dan diantar. Tapi saya sengaja rahasiakan bagaimana rupanya,” kata Ganjar berseloroh. 

Aplikasi Sadewa Market bisa diakses dengan membuka laman http://sadewamarket.cyberumkm.com/. Pada laman tersebut, selain tersedia pilihan berbelanja, juga ada rujukan terkait pendampingan UMKM secara jarak jauh. 

Editor: Supriyadi