Harap Sabar! Jepara Belum Dapat Jatah Blanko KTP Elektronik

ILustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Warga Jepara nampaknya harus bersabar jika mau mencetak KTP Elektronik. Lantaran hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jepara belum mendapatkan jatah blanko dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Susetiyo mengatakan menyampaikan hal itu, Senin (21/8/2017). Menurutnya, Jepara belum terjatah blanko KTP Elektronik, meskipun daerah lain di Jawa Tengah memperolehnya.

“Hal itu karena, Provinsi Jawa Tengah hanya mendapatkan sebanyak 6000 keping blanko KTP Elektronik. Sedangkan Jepara bukan termasuk kabupaten yang memeroleh jatah tersebut,” katanya. 

Menurutnya, dari 35 kabupaten atau kota di Jawa Tengah beberapa diantaranya telah dipilih untuk mendapatkan blanko. Namun hal itu tak berlaku bagi semua wilayah karena keterbatasan jumlah dari pemerintah pusat.

“Informasi terakhir yang kami dapatkan Jepara termasuk yang tidak mendapatkan jatah. Sebab droping blanko dilakukan berjenjang, dari kemendagri ke provinsi. Lalu selanjutnya sudah ditentukan (pemerintah provinsi). Kalaupun semua kabupaten atau kota mendapatkan, maka jumlahnya terlalu sedikit karena jumlah yang didroping hanya 6000 buah,” tuturnya. 

Oleh karena itu, ia mengharapkan warga Jepara untuk tetap bersabar karena pihaknya belum bisa melayani pencetakan KTP Elektronik. Namun demikian, untuk layanan kependudukan yang lain, pihaknya mengklaim masih dapat dilaksanakan dengan normal, termasuk pemberian surat keterangan telah rekam data KTP Elektronik.

Sebelum kehabisan blanko pada Rabu (9/8/2017), Disdukcapil Jepara memeroleh 26.000 keping KTP Elektronik, yang turun dalam tiga tahap.

Editor: Supriyadi