Gara-gara Obat Nyamuk, Rumah Warga Manjang Pati Dilalap Si Jago Merah

Sejumlah warga tengah memperbaiki atap rumah warga Manjang, Jaken yang terbakar, Senin (21/8/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebuah rumah di Desa Manjang RT 2 RW 1, Kecamatan Jaken, Pati dilalap si jago merah, Senin (21/08/2017). Api diduga berasal obat nyamuk yang menyulut kasur.

Beruntung, saat kebakaran terjadi penghuni rumah sedang pergi ke pasar. Penanganan sigap dari warga dan petugas membuat api bisa cepat dipadamkan, sehingga tidak meluas ke pemukiman lain.

“Kebakaran diketahui sekitar jam 09.30 WIB, dan api dapat dipadamkan pada pukul 09. 45 WIB. Diduga api berasal dari obat nyamuk yang menyulut kasur,” ungkap Kapolsek Jaken AKP Teguh Heri Rusianto.

Akibat kebakaran tersebut, pemilik rumah, Karmain (75) mengalami kerugian hingga Rp 25 juta. Hal itu disebabkan api membakar dinding sekat kamar bagian dalam yang terbuat dari triplek, atap rumah atas kamar, dan sejumlah barang berharga lainnya.

“Hanya 30 persen bagian rumah yang terbakar, yakni bagian blandar kayu dan kerangka atap rumah yang terbuat dari kayu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Manjang, Sunyarto (55) mengatakan, dia mendengar teriakan warga bila ada kebakaran. Mendengar hal itu, dia mengerahkan warga untuk ikut membantu memadamkan api.

“Jarak antara balai desa dan rumah korban sekitar 50 meter. Itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, kami yang berada di kantor balai desa mendengar teriakan kebakaran,” tuturnya.

Api yang sudah berkobar akhirnya bisa dipadamkan menggunakan sejumlah peralatan seadanya. Salah satunya dengan memanfaatkan pasir dan air sumur, sehingga rumah bisa diselamatkan dan tidak menjalar ke rumah warga di sekitarnya.

Editor : Supriyadi