Gali Kubur, Malah Nemu Amunisi di Kedu Temanggung

Polisi memeriksa lokasi penemuan granat di Desa Kedu, Kabupaten Temanggung. (Tribratanewspoldajateng)

MuriaNewsCom, Temanggung – Puluhan amunisi senjata api yang diduga masih aktif ditemukan oleh penggali kubur, di kompleks pemakaman Desa Kedu, Kabupaten Temanggung,beberapa hari lalu.

Kapolsek Kedu AKP Sri Haryono menjelaskan penemuan tersebut berawal saat seorang penggali kubur menggali tanah untuk pemakaman salah seorang warga desa yang meninggal dunia. Atas  penemuan tersebut kemudian langsung melaporkan kepada polisi.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kemudian mendatangi TKP. Dan setelah didata terdapat 92 amunisi aktif, 55 butir amunisi laras panjang dan 37 butir amunisi jenis FN,” jelasnya dikutip Tribratanewspoldajateng.

Lebih jauh Sri menerangkan, selain amunisi ditemukan juga sepucuk senapan angin dan satu bilah pedang (bajonet). “Semua barang bukti setelah didata, kemudian kami amankan di mako Polsek Kedu,” ujarnya.

Sementara itu, Darno (45) penggali kubur mengatakan mengaku kaget saat cangkulnya mengenai benda keras, dengan rasa penasarannya Ia mengecek benda tersebut, yang kemudian diketahui amunisi.

“Awalnya saya kaget pas cangkul mengenai benda keras, saya kira batu setelah dicek ternyata amunisi dan senjata,” katanya.

Setelah diselidiki oleh petugas Polres Temanggung, ternyata makam yang digali tersebut merupakan makam Z Gana seorang purnawirawan TNI yang meninggal pada tahun 1980. Kemungkinan benda tersebut ikut dipendam saat pemakamannya.

Editor : Akrom Hazami