Penampilan Sanggar Tari Ciptoning Asri di FASBuk Bikin Kagum

Penampilan sanggar Ciptoning Asri berhasil memikat perhatian penonton. (FASBuk)

MuriaNewsCom, Kudus – Penampilan sanggar tari Ciptoning Asri dalam acara FASBuk di Auditorium UMK, Sabtu (19/8/2017) berhasil menyedot perhatian penonton. Dengan tema Nitik  Sasmaya, ratusan penonton bahkan dibuat kagum dalam penampilan tersebut.

Panitia kegiatan FasbuK Arfin mengatakan, dalam pementasan kali ini sanggar Ciptoning Asri memberikan pertunjukan tari batik. Di mana tari tersebut menggambarkan karya batik yang telah ada pada zaman kerajaan-kerajaan yang telah turun temurun dilestarikan sampai sekarang.

Selain itu,  batik juga terdapat nilai-nilai luhur pembelajaran tentang makna dan nilai-nilai kehidupan.

“Membatik merupakan salah satu pembelajaran pengendalian diri yang bagus diterapkan sejak dini, mempererat tali persaudaraan dan persatuan. Proses pembuatan batik dari mulai menggambar pola, nyanting, hingga nglorot yang dilakukan dengan bekerja sama akan menghasilkan karya yang indah,” katanya saat menjelaskan tentang sinopsis pementasan

Tanpa adanya kerjasama, lanjutnya, ia yakin batik tak akan seindah ini. Apalagi, membatik prosesnya tak mudah. Jika ada yang kurang, ia yakin batik tak akan sempurna dan sulit untuk diterima masyarakat.

Sementara itu, salah satu penonton FASBuk, Afandi mengaku terkesima dengan penampilan tari Ciptoning Asri. Dia menilai pementasan tari tersebut sangat rapi dan memiliki gerak tarian yang khas, terutama dalam lenggak-lenggoknya.

Setelah itu, dari unsur kostum juga sangat pas. Tak ada yang kontras dan maching dengan gerakan penari.

”Ini menandakan semua persiapan sudah disiapkan sedemikian rupa sejak awal. Makannya pentas sangat seru dan sangat mengagumkan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi