DPR RI pun Turun Tangan Atasi Menghitamnya Sungai Gede Karangrandu

Anggota DPR RI Komisi VI Abdul Wachid (satu dari kanan) terlihat berbincang dengan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi (kiri), terkait menghitamnya sungai Gede Karangrandu, Sabtu (19/8/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Menghitamnya Sungai Gede Karangrandu menyita perhatian anggota dewan pusat dan Jawa Tengah.

Dalam inspeksi Bupati Jepara ke lokasi tersebut, Anggota DPR RI Komisi VI Abdul Wachid nampak disertai dengan Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng Iskandar Zulkarnaen, Sabtu (19/8/2017). 

Abdul Wachid mengaku prihatin atas kondisi tersebut. Ia berharap pemangku wilayah dalam hal ini Pemkab Jepara duduk bersama dengan pelaku dunia usaha untuk mengatasi hal tersebut. 

“Saya melihat dari siaran televisi kondisi Sungai di Karangrandu kok seperti ini maka dari itu saya sempatkan datang kesini untuk melihat kondisi yang sebenarnya,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun sempat berbincang dengan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Fatkhurrahman. Melihat kondisi tersebut, pihaknya juga mengambil sampel air untuk dilakukan pengujian laboratorium sebagai pembanding.

Sementara itu, Iskandar Zulkarnaen menilai pemerintah kabupaten dan warga perlu hati-hati dalam menyikapi menghitamnya sungai tersebut. Hal itu agar pelaku usaha (pabrik) juga tidak lantas menjadi kambing hitam.

“Perlu penanganan yang komprehensif dalam menangani masalah ini, kita memerlukan standar pembuktian,” katanya. 

Zulkarnaen menyebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jratun Seluna, terkait penanganan masalah tersebut. Hal itu mengingat alur sungai Pecangaan merupakan wewenang balai tersebut.

Editor : Ali Muntoha