Polwan Cantik di Grobogan Dites Urine

Polwan usai melakukan tes urine  di Mapolres Grobogan, Jumat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada yang berbeda dalam pelakanaan apel rutin yang dilangsungkan Mapolres Grobogan, Rabu (16/8/2017). Soalnya, selepas apel, puluhan polisi wanita (Polwan) langsung diminta menjalani tes urine.

Pelaksanaan tes urine secara mendadak itu dilaksanakan oleh Sie Profesi dan Pengamanan (Propam) bekerjasama dengan bagian Dokkes. Anggota yang mengikuti tes tersebut dipilih secara acak dari tiap bagian, satuan, fungsi dan polsek. Semua anggota lain yang belum menjalani tes urine tetap diminta berada di lokasi selama pemeriksaan berlangsung.

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano menegaskan, tes urine dilakukan secara mendadak, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tujuannya, untuk memastikan bahwa anggotanya bersih dari pengaruh narkoba. Kegiatan itu dilakukan sebagai salah satu rangkaian memperingati HUT ke-60 Polwan yang jatuh pada 1 September mendatang.

“Pemeriksaan ini dilakukan mendadak sehingga tidak ada kesan rekayasa. Nantinya, seluruh personil Polri maupun pegawai sipil Polri akan mengikuti kegiatan yang sama,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, tes urine ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab sebagai penegak hukum dan menunjukkan keseriusan polisi dalam memerangi peredaran narkoba. Dengan bersihnya anggota maka pemberantasan narkoba benar-benar bisa berjalan di wilayah hukum Polres Grobogan. Oleh sebab itu, sebelum menangkap para pelaku narkoba, petugas terlebih dahulu harus menjalani tes urine.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Dokkes Polres Grobogan, belum ada temuan adanya anggota yang terindikasi memakai narkoba. Kalau memang hasil tes  ada yang terbukti menggunakan narkoba maka akan diambil tindakan tegas, termasuk pemecatan,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami