Baliho Cabup Kudus Banyak yang Melanggar

Petugas Satpol PP saat melakukan penertiban baliho cabup di Kudus yang melanggar. (FACEBOOK)

MuriaNewsCom, Kudus – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kudus gencar menertibkan baliho milik bakal calon bupati yang akan mengikuti pemilihan bupati Kudus 2018, karena melanggar aturan. Ironisnya, baliho itu tersebar hampir di sembilan kecamatan di Kudus.

Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah mengatakan, sejauh ini pihaknya rutin melakukan penertiban terhadap baliho bakal calon bupati Kudus tersebut.

“Kami sudah menertibkan keberadaan baliho bakal calon bupati Kudus. Beberapa baliho bakal calon bupati masih nampak terpasang. Yang pasti akan kami tindak,” kata Djati saat dihubungi MuriaNewsCom di Kudus, Jumat (4/8/2017).

Biasanya, Satpol PP mengajak pihak pemberi izin setiap kali melakukan penertiban baliho. Tujuannya agar apa yang dilakukan, tepat.

Sebenarnya, bukan hanya baliho calon bupati saja yang ditertibkan.Tapi juga ada baliho dari pihak swasta. “Kami juga meminta bantuan pihak kecamatan untuk memantaunya,” ungkap dia.

Selain tak berizin, lokasi pemasangannya juga melanggar Perda nomor 8/2015 tentang Perubahan Atas Perda Tingkat II Kudus nomor 10/1996 tentang Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban Dalam Wilayah Kabupaten Kudus. Ada baliho yang dipasang melintang di jalan, ditempelkan pada pohon penghijauan, pada tiang listrik serta tiang lampu pengatur lalu lintas.

Sebelum menindak, lanjut dia, Satpol melakukan sejumlah tahapan terlebih dahulu. Seperti memberikan surat ke masing-masing tim sukses calon bupati. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pertemuan kepada timses untuk mengurus perizinan lebih dulu, atau jika tidak mau, mempersilakan mereka mencopotnya.  “Jika tidak, ya kami melakukan penindakan. Dan ini akan kami lakukan terus-menerus,” ucapnya.

Editor : Akrom Hazami